22.11.20

PCV Tahap Satu

Posted by with No comments

 

Hari ini akhirnya Andyn bertemu dengan Dokter Nia, karena mau dienjus. Ayah Ibu akhirnya memutuskan imunisasi tambahan sesuai anjuran pemerintah untuk Andyn PCV dan Influenza. PCV (pneumococcal conjugate vaccine) menurut artikel yang Ibu baca di sehatq

PCV mencegah berbagai penyakit berat yang disebabkan oleh infkesi bakteri Streptococcus pneumoniae, seperti:

Meningitis 
Meningitis adalah infeksi yang menyerang selaput pelindung otak dan saraf tulang belakang. Penyakit ini dapat menyebabkan koma, kebingungan, kebutaan, kelumpuhan, bahkan kematian.
Pneumonia
Pneumonia merupakan infeksi paru-paru yang dapat menyebabkan gejala seperti demam, batuk, dan sesak napas.
Otitis media
Otitis media adalah infeksi pada telinga bagian tengah yang dapat menyebabkan nyeri, bengkak, demam, sulit tidur, dan anak rewel.
Bakteremia
Bakteremia merupakan infeksi berbahaya pada darah.
Infeksi sinus (sinusitis)
Penyakit pneumokokus juga dapat menyerang rongga sinus dan menyebabkan sinusitis.

Jenisnya ada PCV10 dan PCV13, 10 dan 13 merujuk pada kandungan yang terdapat didalamnya, tapi untuk Andyn PCV10 sudah cukup. Pemberian vaksin PCV ketika usia anak 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan kemudian diulang pada usia 12-15 bulan, sedangkan jika usia anak sudah lebih dari 7bulan, PCV hanya bisa diberika sebanyak 2 kali. Untung Andyn belum lewat 6 bulan jadi masih bisa dapat 4 dosis vaksin.

Sebelum diberikan vaksin, Andyn dicek fisik dulu sama dokter meliputi berat badan, panjang badan dan lingkar kepala serta detak jantung. Dokter juga melakukan pengecekan pada mata dan alat kelamin meliputi kebersihannya.



Setelahnya baru deh dienjus, sebelum vaksin disuntikkan dokter menunjukkan kondisi vaksin tersebut pada Ibu, serta menginfokan tanggal kadaluarsanya. Setelahnya info tersebut ditempel pada buku KIA Andyn. Besok kalau vaksin lagi Ibu mau minta izin untuk fotoin vaksinya atau suntikannya ya? semua ini dengan catatan Ibu tidak lupa 😅


Vaksi dan konsultasi selesai, Andyn akan mendapat suntikan kedua nanti akhir bulan Januari.

0 comments:

Posting Komentar