8.4.23

Paskah 2023

Posted by with No comments

 Paskah tahun lalu Andyn cuma berangkat misa waktu Minggu Paskah  dan itu jadi momen pertama Andyn ikut misa di gereja. Puji Tuhan tahun ini Andyn ikut misa lumayan lengkap dari Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci atau yang lebih familiar disebut Malam Paskah. Untuk Paskah Pagi atau Minggu Paskah Andyn ga berangkat karena misanya jam 6 pagi dan Andyn baru bangun jam 7an.


Minggu Palma
Rencana awal mau berangkat Sabtu Palma Jam 17.00 di Gereja Senden, tapi setelah video call dengan MoNa, fix berangkat Minggu Palma pagi karena mau naik keledai yang dipakai MoNa untuk arak-arakan. Tapi begitu lihat keledainya Andyn ga berani, takut ngelimpang wkwkwk. Karena keledainya bukan asli tapi buatan.
Selama Misa Andyn lebih banyak main di parkiran bahkan main di ruang sekretariat yang letaknya memang di area parkiran.




Kamis Putih
Misa Kamis Putih di Gereja Senden jam 20.00 WIB terlalu malam untuk bawa Andyn, kebetulan di Gereja Puluh Watu jam 17.00 WIB. Tapi waktu ngajakin Andyn siap-siap untuk ke Gereja Puluh Watu ditolak terus, "ga mau" "ke gerejanya tuh nanti malem" dan malam kebelet eek yang menyita waktu. Tapi untung aja sih ga jadi ke gereja sore, kalau minta eek di gereja pasti ribet banget.
Jam 19.30 sudah otw gereja, ini super gasik sih jadi masih bisa milih tempat duduk. Dari parkiran Andyn sudah sama Mba Chila, mau duduk banreng pokoknya dan milih sendiri tempat duduknya, makan permen sama-sama dan seperti biasa Andyn pasti menjarah jajanan Mba Chila, padahal Mama sudah bawain jajanan untuk Andyn. Sampai Andyn tertarik sama susu UHT Cimory yang ada gambar Tayonya, udah deh diklaim punya Andyn dan Mba Chila mulai merenggek sama Ibunya, Mama mulai panik dan minta tolong Papa beliin untuk Andyn, tapi Papa ga mau karena motor sudah terparkir agak dalam jadi susah keluarnya, sedangkan Andyn langsung nangis begitu susunya diambil Papa.
Akhirnya Mama keluar, pokoknya keluar aja dulu barangkali diparkiran ada yang bisa dipinjamin motor, atau ada warung terdekat yang bisa dijangkau dengan jalan kaki. Melihat Mama keluar Andyn langsung ikut. Ga mau disuruh nunggu dulu. Akhirnya kami berdua jalan kaki mencari warung terdekat, karena tidak ada motor yang bisa dipinjam sedangkan tidak ada warung yang kami temukan. Ketika setengah perjalanan Mama tanya ke Andyn "capek kak?"
"iya"
"mau Mama gendong?"
"nanti Mama capek"
Nyeeessss banget hati Mama dapat jawaban Andyn seperti itu, perut Mama sudah lumayan besar karena sudah masuk bulan kedelapan, di rumah pun sudah jarang gendong Andyn, Tapi dapat jawaban begitu justru Mama ingin gendong, Akhirnya Mama gendong sampai angkringan, seingat Mama depan angkringan itu ada warung tapi tutup mungkin sedang tarawih di masjid. Akhirnya Mama minta tolong sama mas-mas yang ada di angkringan untuk ngojek ke warung terdekat, setelah berdiskusi panjang akhirnya ada yang tergerak untuk mengantar Ibu hamil yang bawa bocil ke warung, ternyata ada warung buka di beda gang, Mama tidak tahu karena jarang lewat situ. 
Akhirnya Mama dan Andyn kembali dengan 2 kantong plastik jajanan, meski ga dapat susu uht Cimory Tayo tapi ada yogurt cimory dan banyak jajanan yang Mama beli masing-masing 2 untuk Andyn dan Mba Chila.
Setelah punya banyak jajanan pun tidak bikin dua bocil ini duduk anteng, malah lari-larian keliling gereja, Andyn bahkan sampai depan tempat misdinar. Untung MoNa yang mimpin misa, jadi ya udah tahu banget tingkah polahnya Andyn.
Ketika minta berkat, Ibunya Mba Chila menyuruh Andyn minta berkat bareng Mba Chila, tanpa Mama. Okeii kami briefing panjang lebar, setelah minta berkat kembali ketempat duduk. Ga tahulah di depan gimana tapi akhirnya kembali ke belakang meski tidak ke tempat duduk, justru bergerombol bersama teman-teman sebaya di bagian belakang gereja. Karena sudah mau prosesi arak-arakan Mama datengin Andyn, ternyata Andyn kebelet pipis lalu kami ke kamar mandi, tinggal masuk aja Andyn kekeh minta lepas sepatu di depan pintu, karena kelamaan lepas sepatu dan juga sudah kebeleeet banget, akhirnya pipisnya keluar. Duuuh gemes Mama, mana ga bawa cadangan celana dalam maupun baju ganti, karena selama ini lancar-lancar aja kalau pipis, bahkan pernah juga eek di gereja. Akhirnya sampai pulang Andyn ga pakai celana dalam. Setelah misa ada tuguran, kebetulan Lingkungan Agustinus Duwet dan FX Soran dapat giliran pertama, Andyn mau pulang tempat Mba Kela, jadilah ikut nunggu sampai tuguran selesai. Sempat ketemu MoNa juga dan ditegur karena selama Misa Andyn lari-larian. MoNa bilang kalau besok Andyn lari-larian mau dicetot sama MoNa. Wkwkwkwk Ini Mama cuma dapat cerita dari Papa, karena waktu itu Andyn sedang digendong Papa, Mama duduk agak jauh.
Padahal waktu tadi lari-larian sudah dibilang Uti Nini kalau nanti dimaraih sama MoNa tapi malah dijawab Andyn "MoNa ga pernah marah" wkwkwkwkwk




Jumat Agung
Ibadah Jumat Agung dimulai jam 15.00 WIB, sedangkan jam 2 lebih Andyn masih susah dibangunin. Mba Kela sudah berangkat duluan naik motor karena lama nunggu Andyn, Andyn bahkan ga perlu mandi tinggal digantiin baju aja, tapi tetap susah susah, kalau ga mau ganti baju pakai tambahan celana panjang karena dress yang dipakai di bawah pantat banget, tapi malah berontak-berontak. Udah deh Mama menyerah ga mau berangkat jam 3 masih ada yang jam 5. Eh Andyn malah nangis dan akhirnya mau ke gereja karena dibujukin Pakde Doni, berangkatlah Andyn sama Pakde, Uti, Om Dodo dan Om Nono. Mama Papa pulang ke duwet dulu, Papa mau mandi.
Sampai gereja sudah penuh, untung masih ada sisaan satu dua kursi yang bisa dioper keluar barisan, dan keluar tenda, sunbathing sore-sore deh. Awalnya Andyn masih bermain disekitar kami, tahu-tahu mainan tanah, sedang menanan katanya. Bajunya kotor semua, tapi tetap tidak mau ganti baju.
Waktu berkat Andyn sama Mama, pas udah mau nyampe depan Andyn tanya "itu Romo siapa, Ma?" Mama jawab itu Romo Kris. Sebenarnya Andyn berada dibarisan Frater yang lebih dulu memberikan berkat buat anak-anak karena Romo Kris masih sibuk di altar, dan baru turun belakangan. Merasa tidak melihat MoNa, Andyn bilang "aku mau MoNa", lalu Mama jawab "Itu temennya MoNa, Kak".



Sabtu Suci
Andyn baru tidur jam 13.40an padahal Misa jam 17.00 dari siang sudah kebayang bakalan ribet bangunin Andyn, dan sungguh-sungguh terjadi sampai semua sudah berangkat Andyn masih belum mau mandi, Papa mandi duluan sedangkan Mama masih bujukin Andyn untuk mau mandi. Karena tetap ga mau mandi, akhirnya Mama mandi sendiri, Andyn digantiin baju sama Papa (biarin lah ga mandi, yang penting ke gereja) sudah mau berangkat pengen jajanan Mas Handik, tapi minta yang coklat karena punya Mas keju, jadi harus mampir Alfamart untuk beli jajanan itu daripada nanti ngamuk pas nyampe gereja ga ada jajanan yang Andyn mau. Dan beli lilin juga takutnya kehabisan lilin di gereja, mana hujan gerimis mulai turun gas gassss akhirnya jam 17.30an sampai gereja, sudah pasti tidak ada tempat duduk. Akhirnya dikasih tempat duduknya Bapak Ibu yang among tamu. Karena terlalu luar jadinya Andyn cuma lari-larian di sekitar parkiran motor.
Setelah selesai misa MoNa langsung salaman sama umat di pintu keluar, jadi kita nunggu sampai sepi biar bisa foto bersama.



Minggu Paskah
tidak ke gereja, karena misa mulai jam 6.00 WIB sangat tidak memungkinkan membawa Andyn jam segitu, rencana kalau setelah misa ada acara pentas seni dan lomba-lomba seperti tahun-tahun sebelumnya Andyn mau pergi, tapi karena tidak ada acara apapun selain bagi jajanan Andyn tetap di rumah saja, kebetulan juga baru bangun jam 7an.

0 comments:

Posting Komentar